Mengenal Cuaca dan Musim di Negeri Kepulauan Tropis

0 Comments

Seandainya Anda ingin mengetahui, informasi musim dan cuaca di negeri kepulauan tropis, sesungguhnya bukan dua musim, tetapi tiga musim.
 
Negeri kepulauan tropis memiliki cuaca yang panas dan cerah sepanjang tahun dengan hujan deras yang terjadi kadang-kadang selama angin muson. Pada pulau-pulau kecil yang berada di tengah lautan, cuaca lebih sulit lagi diprediksi. Terkadang ada hujan di musim panas dan ada hari cerah di musim hujan. Sebisa mungkin jadwal disesuaikan dengan alam. Mengenai kapan waktu terbaik untuk mengunjungi negeri kepulauan tropis, sulit dikatakan. Semua beraktifitas sepanjang tahun, kecuali kalau betul-betul tidak aman melakukan perjalanan laut menggunakan perahu kecil. Cuaca dapat mempengaruhi visibilitas kejernihan air laut sehingga ada beberapa bulan tertentu yang betul-betul bagus visibilitasnya. Visibilitas itu sendiri juga sulit diramalkan karena bergantung pada perputaran pasang surut dan coral spawn di sekitar masa bulan purnama.
 
Secara umum, orang di negeri kepulauan tropis mengalami tiga musim. Pertama musim panas kering, kedua musim panas berangin dan ketiga musim hujan. Di sepanjang tiga musim itu, temperaturnya, naik turunnya sedikit saja, rata-rata 25 sampai 36 derajat Celsius. Selama musim panas dan kering temperatur cenderung tidak turun di malam hari. Adapun di musim panas berangin kita mengalami suhu yang sedikit turun di malam hari dan di musim hujan kita terkadang mengalami penurunan suhu beberapa derajat di malam hari.
 

Musim Panas Kering

Februari sampai Mei – Setiap hari langitnya biru dan bagus, panas dan cerah. Selama musim ini curah hujan sangat sedikit, sehingga tinggal dan hidup di kepulauan, harus bijak dalam menggunakan persediaan air tawar. Temperatur udara dapat mencapai 36 derajat Celsius dengan kelembapan yang tinggi dan jarang-jarang turun ke 28 derajat Celsius. Temperatur air dapat mencapai 30 derajat atau bahkan lebih. Masa terpanasnya adalah selama bulan Maret sampai Mei. Di bulan Maret dan April, inilah masa yang benar-benar panas.
 

Musim Panas Berangin

Bulan Mei sampai Oktober – Setelah musim panas kering, datanglah musim panas berangin.  Temperaturnya tetap panas hingga mencapai 34 derajat. Sedangkan suhu air laut 29 derajat dan terus mendingin menjelang akhir musim panas berangin.
 

Musim Hujan

Oktober sampai Februari – Inilah masa musim hujan. Akan tetapi, sekalipun ini adalah musim hujan, jarang sekali hujan turun sepanjang hari. Secara umum terjadi hujan disertai kilat dan guntur di petang hari, yang apabila dinikmati tetapi menyenangkan kecuali untuk kegiatan kelautan yang cenderung berbahaya keluar melaut di saat seperti demikian. Sepanjang musim hujan, juga banyak hari cerahnya. Selama masa angin muson di sekitar bulan November, temperatur dapat turun ke 28 derajat Celsius. Sering terjadi hujan deras selama dua jam dan selebihnya mendung. Selama bulan oktober dan November hujan dapat turun selama beberapa hari berturut-turut. Tetapi di bulan November tidak terus-menerus seperti itu. Banyak aktivitas kelautan yang berhenti selama bulan-bulan ini.
 

Kesimpulan

Mengunjungi atau beraktivitas di negeri kepulauan tropis memang ada masa-masanya. Secara umum terbagi menjadi 6 bulan waktu bagus, 3 bulan waktu paling bagus, dan tiga bulan waktu di mana aktivitas kelautan berhenti. Adapun sela-sela di dalam musim-musim tersebut, tidak dapat diramalkan. Terkadang ada cerah di musim hujan dan terkadang ada hujan di musim panas. Terutama lagi di dunia kelautan, terkadang terjadi laut tenang di musim hujan dan terkadang terjadi badai di musim panas.